Pages

Minggu, 24 Juni 2012

Tugas 2 Pengantar Manajemen

1. Pengertian Manajemen
2. Pengertian Manajer
3. Pentingnya Organisasi
4. Tipe-tipe manajemen
5. Proses manajemen
6. Fungsi manajemen
7. Peran dana kegiatan manajemen
8. Keterampilan dan kecakapan manajerial
9. Keanekaragaman kinerja dan manajerial persaingan dan perekonomian global

Jelaskan juga

1. Pendekatan klasik dalam manajemen
    a. Manajemen ilmiah
    b. Prinsip-prinsip administratif
    c. Organisasi birokrasi


Jawab:

1. Manajemen adalah bekerja dengan dan melalui orang lain untuk mendapatkan tujuan perusahaan dengan efektif dan efisien.

2. Manajer adalah seseorang yang bekerja dengan dan melalui orang lain dengan mengkoordinasikan kegiatan-kegiatan pekerjaan mereka guna mencapai sasaran organisasi.

3. Pentingnya organisasi adalah untuk mengkoordinir sekelompok orang dalam manajemen, agar pencapaian tujuan atau pemenuhan kebutuhan dapat dicapai secara efektif dan efisien.

4.  Tipe manajemen terdiri dari vertikal dan horizontal.

      1. Vertical differences. secara vertikal manajer terdiri atas:
      - Top manager: seorang manajer yang berada pada hirarki teratas dalam organisasi dan bertanggung jawab atas keseluruhan organisasi.
      - Middle manager: seorang manajer yang bekerja pada level menengah organisasi dan bertanggung jawab terhadap departemen-departemen utama.
      - First line manager: orang yang bertanggung jawab mengawasi aktivitas-aktivitas operasional dalam   suatu perusahaan. Bertugas untuk membawahi langsung para pekerja dan bertanggung jawab atas pelaksanaan tugas mereka.

   2. Horizontal differences. secara horizontal manajer dibedakan menjadi:
    - Functional manager: seorang manajer yang bertanggung jawab terhadap sebuah departemen atau melaksanakan sebuah tugas fungsioanal tunggal dan memiliki karyawan dengan pendidikan dan keahlian yang sama
    - General manager: seorang manajer yang bertanggung jawab terhadap beberapa departemen yang melaksanakan fungsi-fungsi yang berbeda.

5. Proses manajemen:
- Planning (Perencanaan), meliputi pemilihan misi organisasi serta cara terbaik untuk mencapainya.
- Organizing (Pengorganisasian), adalah proses membagi pekerjaan, mengalokasikan sumber daya, dan pengaturan serta koordinasi aktivitas anggota organisasi untuk melaksanakan rencana.
- Leading (Kepemimpinan), adalah mempengaruhi anggota organisasi agar mereka memberikan kontribusi terhadap tujuan kelompok dan organisasi.
- Controlling ( Pengendalian), adalah pengukuran dan pengkoreksian unjuk kerja individu dan organisasi.

6. Fungsi manajemen:
 - Planning (Perencanaan), meliputi pemilihan misi dan tujuan organisasi serta cara terbaik untuk   mencapainya.
- Organizing (Pengorganisasian), adalah proses membagi pekerjaan, mengalokasikan sumber daya, dan pengaturan serta koordinasi aktivitas anggota organisasi untuk melaksanak rencana.
- Actuating, adalah suatu tindakan untuk menggerakan atau mempengaruhi anggotanya agar mereka memberikan kontribusi terhadap tujuan kelompok atau organisasi.
- Controlling (Pengendalian), adalah pengukuran dan pengkoreksian unjuk kerja individu dan organisasi.

7. Peran dan kegiatan manajemen:
- Interpersonal roles (Peranan hubungan manusiawi)\
- Informational roles (Peranan informasi)
- Decision roles (Peranan pengambilan keputusan)

8. Keterampilan dan kecakapan manajerial:
- Technical skill, yaitu kemampuan untuk menggunakan metode-metode, peralatan dan teknik-teknik dalam menjalankan suatu tugas.
- Human skill, yaitu kemampuan berkomunikasi, memahami, dan memotivasi orang lain sehingga mereka dapat bekerja dengan baik.
- Conceptual skill, yaitu kemampuan intelegensia, verbal dan kemampuan memandang sebuah organisasi sebagai satu sistem kesatuan.
- Design skill, yaitu kemampuan untuk memecahkan masalah dengan cara-cara yang menguntungkan perusahaan.

9.












1. a) Manajemen ilmiah menurut Frederick W. Taylor adalah penggunaan metode ilmiah untuk menentukan cara terbaik dalam menyelesaikan suatu pekerjaan dengan memfokuskan perhatiannya pada studi waktu dan gerak untuk setiap pekerjaan, dengan cara memecah pekerjaan ke dalam bagian-bagian yang lebih kecil kemudian mempelajari metode terbaik untuk mengerjakan pekerjaan tersebut dan menghitung waktu kerjanya.

   b) Prinsip-prinsip administratif menurut Henry fayol:
       1. Division of work, yaitu pembagian kerja atau spesialisasi yang dapat membuat kerja lebih efisien
       2. Authority and responsinility. Manajer memiliki wewenang untuk memberikan perintah pada bawahan, dan bawahan mempunyai tanggung jawab untuk melaksanakan perintah dari atasan.
      3. Discipline. Anggota organisasi harus mematuhi aturan dan perjanjian yang mengatur organisasi. Disiplin dihasilkan dari kepemimpinan yang baik.
     4. Unity of command. Setiap karyawan hanya menerima instruksi dari seorang atasan saja.
     5. Unity of direction. Kegiatan-kegiatan dalam organisasi yang memiliki tujuan yang sama, harus diarahkan dengan menggunakan rencana tunggal.
     6. Kepentingan bersama diatas kepentingan individu.
     7. Remuneration. Sistem penggajian harus lebih fair baik untuk manajer maupun karyawan.
     8. Sentralisasi. Tingkat sentralisasi dan desentralisasi yang optimal.
     9. Scalar chain. Garis wewenang dalam organisasi turun dari manajer puncak sampai ke karyawan tingkat bawah dalam organisasi.
    10. Order. Sumber daya harus dikoordinasikan sedemikian rupa sehingga selalu siap pada waktu dan tempat yang diperlukan.
    11. Equity. Perlakuan terhadap karyawan harus adil.
    12. Stability of tenure. Organisasi harus dapat menekan perpindahan kerja (turnover) yang dapat menyebabkan organisasi tidak efisein.
    13. Inisiatif. Karyawan diberi kebebasan untuk berinisiatif melakukan pekerjaan.
    14. Esprit de corps. Organisasi mendorong dan memelihara semangat kerja tim.
 
  c) Organisasi birokrasi adalah sebagai suatu organisasi yang memiliki rantai komando dengan bentuk piramida, dimana lebih banyak orang berada di tingkat bawah dari pada tingkat atas, biasanya ditemui pada instansi yang sifatnya administratif maupun militer.



0 komentar:

Poskan Komentar

 
Copyright 2012 Marketing Management. Powered by Blogger
Blogger by Blogger Templates and Images by Wpthemescreator
Personal Blogger Templates