Pages

Jumat, 24 Februari 2012

BAB II: Membangun Kreativitas dan Inovasi

1.     Jelaskan apa yang dimaksud dengan Inovasi?
Kemampuan seseorang untuk memecahkan masalah dan ide-idenya bisa diterima oleh pasar

2.     Bagaimana peranan inovasi dalam kewirausahaan?
Inovasi memudahkan proses menemukan atau mengimplementasikan sesuatu yang baru ke dalam situasi yang baru dalam berbisnis. Inovasi adalah memikirkan dan melakukan sesuatu yang baru yang menambah atau menciptakan nilai-nilai manfaat.


3.     Bagaimana proses inovasi?
Sebuah tim yang baik memerlukan proses untuk mencari bagaimanamenciptakan peluang-peluang bisnis yang akan membawa kepada inovasi strategi. Proses Discovery ditunjuk untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Kelima fase, yang akan dijelaskan secara rinci dalam seksi berikutnya, didesain untuk menyediakan kebutuhan struktur namun dibiarkan untuk fleksibilitas aktivitas-aktivitas di dalam fase-fase untuk mengakomodasikan sebuah wilayah yang luas atas industri-industri dan perusahaan-perusahaan.

4.     Jelaskan yang dimaksud dengan Kreativitas!
Kemampuan seseorang mengembangkan ide-ide untuk memecahkan masalah dan bahkan menemukan atau menciptakan peluang baru dari ide-ide tersebut.

5.     Bagaimana peranan kreativitas dalam kewirausahaan?
Peranan kreativitas sangat berpengaruh dalam upaya pengembangan bisnis. Kreativitas menciptakan gagasan-gagasan untuk mengembangkan bisnis yang dijalani dan merealisasikan ide-ide yang dapat memberikan peluang baru dan upaya untuk menarik perhatian pasar melalui kreativitas perusahaan dan strategi bisnis.

6.     Bagaimana berfikir kreatif dalam kewirausahaan?
Berfikir kreatif dalam kewirausahaan adalah cara memandang dengan perspektif berbeda yang mampu menemukan sisi lain dari aspek-aspek standar yang biasa di terapkan dalam bisnis sehingga menjadi poin plus bagi pebisnis untuk menghasilkan suatu karya yang dapat di hasilkan untuk memajukan bisnisnya. atau melalui tujuh langkah berikut:

  • Preparation (persiapan)
  • Investigation (penyelidikan)
  • Transformastion
  • Incubation
  • Illumination (penerangan)
  • Verification (pengujian)
  • Implementation (implementasi)
7.     Bagaimana cara membangun kreativitas?
Ada banyak cara yang dapat membangun kreativitas. Dan ide-ide kreatif dapat ditemukan dimana saja. Yaitu dengan:
  • mengamati banyak hal yang menarik di sekeliling kita atau mengamati banyak hal yang berbeda.
  • Sering berimajinasi dan banyak merenung untuk membiarkan otak kita memikirkan berbagai hal dari berbagai perspektif yang berbeda.
  • Belajar untuk menjadi seorang inovator yang baik.
  • Mengkorelasikan ide-ide yang masih samar terhadap masalah untuk menghasilkan pemecahan inovatif 
  • Menyadari kemungkinan banyak jawaban daripada satu jawaban yang benar 
  • Melihat kegagalan dan kesalahan hanya sebagai jalan untuk mencapai kesuksesan.
8.     Jelaskan faktor-faktor yang mendukung inovasi dan kreativitas dalam perusahaan!
Motivasi diri untuk berkreasi dan terus melakukan pengembangan
Kondisi lingkungan yang mendorong perilaku kreativitas
Tuntutan pekerjaan dan tanggung jawab dalam jabatan

9.     Jelaskan faktor-faktor yang menghambat inovasi dan kreativitas dalam perusahaan!

  • Hambatan Psikologis
  • Hambatan Budaya
  • Hambatan Lingkungan sosial maupun fisik
  • Hambatan Bahasa Berpikir
  • Hambatan Keterpakuan Fungsional
10.    Pilih seorang pengusaha sukses dan perusahaannya untuk dipelajari dan buat ringkasan atas pengusaha dan perusahaan tersebut. Adapun data tentang pengusaha adalah nama, sejarah diri,visi misi, nilai-nilai yang dianut, kegagalan dan kesuksesan dalam membangun usaha, strategi membangun usaha dan hal-hal lain yang dianggap penting. Adapun tentang perusahaannya adalah nama perusahaan, sejarah, visi, misi, produk-produk perusahaan, manajemen pemasaran, manajemen keuangan, manajamen sumber daya manusia, manajemen operasi, teknologi informasi dan hal-hal lain yang dianggap perlu

11.     Memilih satu usaha yang akan dikerjakan berdua selama satu semester. Berikan gambaran usaha tersebut!
Usaha tersebut berupa bisnis coklat yang dapat di konsumsi oleh semua jenis kalangan dengan harga yang terjangkau dan relatif murah. dan juga diberikan inovasi-inovasi baru dan tampilan yang menarik sehingga konsumen mau membeli produk yang kami tawarkan.

12.     Buatkan diferensiasi atau perbedaan dari bisnis sejenis dengan konsep kreativitas dan inovasi pada usaha yang dipilih sehingga terlihat perbedaan dengan pesaing!

0 komentar:

Poskan Komentar

 
Copyright 2012 Marketing Management. Powered by Blogger
Blogger by Blogger Templates and Images by Wpthemescreator
Personal Blogger Templates